Belajar Mereview Buku

Bagi sebagian orang mungkin mudah menuliskan apa yang ada di kepalanya, tapi bagi sebagian lain lumayan butuh latihan, saya termasuk yang tipe kedua, kadang apa yang saya tuliskan tidak sama persis dengan apa yang saya pikirkan, pengennya nulis gini malah yang ditulis begini, saya selalu butuh belajar dan latihan supaya bisa menuliskan apa yang ada di pikiran saya, apa yang menjadi ide menulis saya, kali ini saya belajar meriview sebuah novel… di sini saya mempostingnya.

Dari Buku “Mengikat Makna”

Saya membeli buku ini sekitar 10 tahun yang lalu, sudah lama sekali ya. Ini adalah buku yang lumayan sering saya baca ulang, kalau sedang butuh motivasi nulis atau juga motivasi membaca.

Di awal buku ada halaman yang isinya adalah tentang “Bagaimana Buku ini Mengubah Hidupmu” :

  • Perkayalah dirimu dengan membaca
  • Jaga dan sebarkan kekayaanmu dengan menulis
  • Rumuskan AMBaK sebelum membaca dan menulis
  • Pilihlah buku-buku yang menggerakkan pikiranmu
  • Bersungguh-sungguhlah menuliskan pikiranmu
  • Biasakanlah membaca dan menuliskan dirimu setiap hari
  • Baca dan ikatlah makna
  • Temukan kehidupan menarikmu

Itu adalah garis besar isi buku ini, dan bagi siapapun yang ingin membaca buku motivasi menulis dan membaca buku ini sangat saya rekomendasikan, meskipun di sampul depannya ada tambahan judul “untuk remaja” , buku ini tetap cocok dibaca untuk semua usia. ^^

Hari yang … “Lumayan Sibuk”

Malam ini saya mempunyai waktu untuk buka blog lagi seperti kemarin, dan saya bisa sedikit posting. Hari ini sebenarnya seperti hari Ahad biasanya, “sibuk” menyelesaikan tugas rumah, memasak spesial saban Hari Minggu, tapi ternyata ingat kalau hari ini Ain, putri kedua saya, Ulang Tahun. Pagi hari masih sibuk masak, siang hari sibuk browsing pengen bikin kue ulang tahun apa dan memutuskan untuk “brownies kukus’ sebagai kue dasarnya. Setelah dzuhur mulai sibuk bikin kue, resep nyari-nyari juga, maklum kalau bukan pas ulang tahun anak-anak jarang banget bikin kue.

 

Menjelang sore kue sudah masak, dan siap dihias, suami bantuin untuk mengias, saya sudah menyiapakan jelly buat cemilannya, juga terang bulan mini yang ternyata habis pasca dibikin, belum sampai acara ulang tahunnya sudah habis tuh terang bulan mini.

 

Lumayan sibuk hari ini, karena menjelang Isya’ kita bru makan-makan bareng, tapi seneng karena sudah bisa bikin kue buat Ain…

 

Selamat Ulang Tahun Ainayya… :*

 

Belajar untuk Mengatakan “Tidak”

Dulu waktu masih kuliah ada seorang sahabat mengajak saya keluar ketika saya baru datang kuliah dan merasa sangat capek, saya menjawab, “Iya, bentar lagi habis ganti baju aku nemenin kamu keluar.” Eh dianya malah ketawa dan bilang, “kalau capek bilang aja nggak bisa nemenin keluar, aku lho cuma ngetest, pasti kamu gak akan nolak kalau diajak, merasa gak enak kan? mulai sekarang Kamu harus belajar untuk mengatakan “TIDAK” kalau Kamu memang gak ingin. Berusahalah untuk jujur pada diri sendiri.”

 

Dan sejak saat itu saya mulai bisa untuk mengatakan “TIDAK” pada sesuatu yang memang harus saya tolak. Itu mengajarkan saya untuk sedikit lebih berani.

 

 

Hmmm…

Kemarin-kemarin sempat galau pengen mindahin sekolahnya Nay ke sekolah yang lebih dekat, itu semua gara-gara teman deketnya Nay pindah dan juga proses pindah sekolah dengan alasan yang jelas (ke sekolah yang lebih dekat) juga mudah, tapi kemudian setelah bertanya pada Nay, apa dia sedih waktu teman dekatnya pindah, dia bilang sedih tapi tidak apa-apa masih ada temannya sekelasnya yang bia diajak bermain bersama, “asal tidak dipindah kelas, ia tidak mau pindah sekolah, karena sudah senang dengan lingkungannya juga guru-gurunya.”

Setalah itu saya jadi berpikir ulang untuk memindahkan sekolahnya. Jika bukan karena keinginannya sendiri untuk pindah sekolah, kalau Nay minta pindah ke sekolahnya yang lama bagaimana? Ya sudalah, sepertinya saya tidak perlu galau lagi soal itu.

Perbedaan Posting Blog via PC dan Handphone

Postingan di setiap blog tentunya tidak pernah lepas dari media apa yang digunaan untuk mengupload ke dalam blog, saya kira lebih banyak blogger profesional yang lebih nyaman posting lewat laptop juga PC, tapi ada sebagian yang lebih nyaman ngeblog lewat hp (handphone) termasu saya, yang memang lebih sering ngeblog di sela-sela mengerjakan pekerajaan rumah.

Meski bagi saya pribadi lebih nyaman ngeblog menggunakan hp tetapi terkadang sekali waktu saya juga ngeblog lewat, sama-sama nyaman dalam penggunaannya, tapi saya hanya bisa melakukannya ketika anak-anak sedang tidur karena kalau sudah bangun otomatis mereka akan ikut serta main laptop, dan pasti acara ngeblog batal berganti menjadi acara anak-anak.

 

Perbedaan ngeblog lewat hp dan PC yang paling saya rasakan adalah kalau kita ngeblog lewat pc harus benar-benar meluangkan waktu untuk ngeblog, harus duduk diam di depan PC sambil ngetik dan mencari inspirasi, hal ini membuat ngeblog lebih fokus pada apa yang ingin diposting, dan lagi lewat PC kita bisa sekalian browsing banyak hal yang berhubungan postingan kita, yang sudah bisa ngetik dengan dua jari pun akan lebih nyaman ngeblog dengan PC, dengan menggunakan HP kita juga bisa sich sambil browsing apalagi kalau ngeblognya lewat chrome (atau mesin pencarian lainnya), tapi karena saya ngeblog memakai aplikasi wordpress di HP, itu akan jadi dua acara bolak balik dari aplikasi blog ke browser begitu pula sebaliknya.

Perbedaan kedua adalah  dengan aplikasi blog di HP posting jadi bisa lebih mudah bisa kapan saja dan dimana saja, sekali lagi kalau di PC kita harus mempersiapakan PC kita lebih dulu danitu berarti harus di tempat yang memungkinkan untuk membukanya, di rumah dan area yang ada mejanya tentunya ^^.

Saya kira itu saj perbedaan ngeblog via PC dan hp menurut versi saya, semuanya nyaman, disesuaiakan situasi dan kondisi tentunya, yang terpeting dari itu semua adalah “yang penting rajin posting” lewat PC atau juga handphone. ^^

 

 

 

Video Bagus “7 Tahun Pertama yang Memprogram Hidup Kita”

Ketika sedang buka-buka youtube ada video yang membuat saya penasaran dan ingin membukanya judul videonya “Inspirasi & motivasi : Andaikan Manusia Mengerti ini!!!”

 

Isi videonya kurang lebih adalah tentang 7 tahun petama hidup manusai adah waktu yang penting untuk memasukkan program untuk menjalani hidup setelahnya, dalam kata lain pembentukan karakter terajdi di umur ini. Jika program yang didapat bagus maka akan bagus juga hidupnya, begitu pula sebaliknya, lalu bagaimana jika program yang sudah ada di dalam diri kita salah, bisakah kita perbaiki??? jawabannya ada di video ini.

 

Belajar Berkebun

Liburan sekolah ngapain aja? Berkebun… Sebenarnya yang berkebun suami, setelah beberapa hari sebelumnya sempat mbedeng bijinya cabe akhirnya tumbuh, kemudian dipindah di tanah yang sudah disiapkan tapi ternyata salah persiapan, lupa diberikan pupuk organik sebelum ditanami… Namanya juga pemula, kedepan mungkin lebih memperhatikan hal-hal kecil seperti ini…

Selain menanam lombok ada taman kecil di depan rumah…

Taman kecil dan kolam ikan membuat suasana jadi seger, dan juga bisa untuk refreshing di kala senggang dengan duduk-duduk di dekat kolam melihat ikan juga bunga dan tanaman hijau.

Yang seneng menanam bunga atau lombok adalah suami, dan itu ternyata memberikan dampak yang baik baik orang di sekitarnya, semua yang ada di rumah bisa ikut menikmati segarnya pemandangan kolam dan taman di sekitar kolam^^.

Playlist Siang ini

Hari ini sibuk ngapain aja??? Setelah menyelesaikan pekerjaan rumah paling enak istirahat siang sambil mendengarkan musik, dan siang ini saya mendengarakn musik random dari youtube, sekalian liat subtitle sama videonya ^^. List musik untuk siang ini:

  • Wherever you are / One Ok Rock (Cover by Kobasolo & Lefty Hand Cream)

Pertama dengerin lagu ini beberapa tahun lagu barengan dengan lagu “Heartache”, tapi baru kapan hari nemuin coveran yang ini, enak banget suaranya, di video ini ada subtitle Indonesia nya juga”

  • Hug me , performed by V, J-hope

Banyak versi cover Hug me, tapi paling suka dengan yang dibawakan oleh V dan J-hope ini

  • Heartbeat by BTS

Akhir-akhir ini memang seneng banget dengan lagu ini, sejak rilis hampir tiap hari mendengarkan dan nonton MV nya, karena bagus banget MV nya, kalau saya menangkap cerita di MV nya adalah di dunia pararel ketika mereka tidak menjadi BTS seperti sekarang mungkin mereka akan menjadi orang-orang yang tidak saling mengenal dengan profesi yang berbeda-beda.

  • The Turth Untold covered by Tiffany Affifa

Siapa pun yang membawakan lagu ini baik BTS sendiri (sempet ikutan nangis waktu Army menyanyikannya bersama, drama queen banget) maupun yang dicover ulang, selalu suka, karena memang suka dengam liriknya, paling suka dengan cover lagu yang dibawakan oleh Tiffany Affifa ini.

  • Big Firework /Daoko x Yuzu Genka (covered by Kobasolo & Spring Tea , IKE ryo)

Lagu ini muncul di youtube waktu saya sedang nonton video ost film apa gitu lupa, da waktu saya dengarkan enak banget, ternyata ini lagu ost. Anime .

Ya, demikianlah list lagu untuk siang ini ^^

Drama “Sky Castle” dan Cara Pandang dalam Mendidik Anak

Jarang-jarang nemu drama korea langsung klop dengan jalan ceritanya tanpa lihat siapa pemainnya. Karena salama ini tiap nonton drama yang jadi daya tarik pertama pasti pemeran utamanya.

Sebenarany nonton drama ini beberapa bulan lalu barengan dengan waktu tayang drama ini di negaranya, tapi baru posting sekarang.

Drama ini menceritakan tanteng kehidupan keluarga kaya dan terpandang dalam mendidik anak-anak mereka. Jadi, ceritanya di perumahan dosen para dosen-dosen ini berlomba-lomba untuk memasukkan anak mereka ke universitas terbaik di Korea, dan itu berefek pada anak-anak mereka yang harus les tiada henti, padahal anak mereka punya keinginan dan impian sendiri. Ada seorang anak yang stress karena hal itu, dengan dibantu guru lesnya yang ternyata mempunyai misi yang jahat, di hari anak itu diterima di Universitas keinginan orang tuanya di hari itu ia meninggalkan rumah dengan meninggalkan surat untuk orang tuanya yang isinya adalah “betapa tertekannya” ia selama ini, setelah membaca surat itu ibunya yang merasa bersalah akhirnya bunuh diri.

Dimulai dari peristiwa di bunuh diri seorang ibu itulah drama ini dimulai, ternyata keluarga yang tampak sempurna di luar mempunyai masalah dengan anaknya yang dibanggakan selama ini, sesuai dengan soundtracknya yang judulnya “We All Lie”, banyak keluarga dan hampir semuanya melakukan kebohongan seolah-olah keluarga mereka yang paling sempurna, padahal tidak ada yang sempurna di dunia ini kan???

___________________________________________

Orang tua pasti senang sekali kalau anaknya berprestasi. Meski begitu sekali waktu meskipun anak pintar dan berprestasi pun pernah turun nilainya, beberapa orang tua ada yang memakluminya menggapnya hal biasa, namun beberapa orang tua akan lebih menambahkan lagi porsi belajar anak.

Semoga kita bisa menjadi orang tua yang baik yang mempunyai pikiran terbuka. Ada sebuah dialog di drama “Sky Castle” ini yang kurang lebih isinya begini

“Apa ada orang tua yang mendidik dan menyekolahkan anaknya, menjadikan anaknya nomer satu, hanya untuk menyembongkan diri (kalau punya anak pintar) di depan teman-teman orang tuanya …”

Kalau anak kita berprestasi pasti pengen kita tunjukkan kepada dunia (kalau bisa) kalau kita mempunyai anak yang membanggakan, tapi kalau orang tua mau melihat lebih dekat “untuk apa itu semua?”

Saya juga sedang belajar bagaimana menjadi orang tua yang baik, kalau bisa tidak membebani anak saya dengan keinginan pribadi saya agar ia jadi juara, kalau ia mampu bisa jadi juara, saya senang, dan kalaupun tidak asalkan ia bisa senang dalam proses belajarnya di sekolah itu sudah cukup membuat saya sangat senang.

Drama “Sky Castle” sedikit banyak membuat saya melihat bagaimana orang tua harusnya bisa menerima dengan lapang kelebihan dan kekurangan anak, selalu mendengarkan dan melibatkan anak dalam rencana masa depan mereka.