Masakan Ibu

Saat jalan-jalan pasti kita sering mampir ke restoran, rumah makan, atau juga warteg untuk sekedar mengisi perut yang sedang lapar atau memang sengaja ingin mencicipi masakan di tempat makan tersebut.
Sering lah kita menjumpai rasa makanan yang WOW banget dari segi rasa, pengen balik lagi suatu hari nanti , bikin ketagihan kalau cuma sekali makan, dan pasti makan enak itu akan kita rekomendasikan pada teman-teman, keluarga , dan kenalan-kenalan kita. Tapi, seenak enak bagi kita makanan yang paling enak adalah masakan ibu, jika orang lain yang makan masakan ibu kita mungkin biasa saja, tapi bagi anak-anaknya makanan itu adalah makanan yang terkenal sepanjang masa, kapan pun, dan dimana pun , tidak ada yang bisa mengalahkan masakan ibu kita, karena masakan ibu selalu punya cerita, karena masakan ibu selalu penuh cinta .

Sama-sama bakwan jagung, sama-sama sayur bening , sama-sama tempe goreng, sama-sama sambel terasi… Tapi kalau sudah ada label “masakan ibu” pasti makannya lebih enak rasanya juga lebih lahap menyantapnya .
Ya… Masakan ibu selalu jadi yang terenak bagi anak-anaknya^^.

Iklan

Berburu Makanan Sehat

Wisata kuliner sekarang sedang hits, banyak resto juga cafe yang baru dibuka, di resto juga cafe itu biasanya juga ada fasilitas WiFi gratis, andalan para pelanggannya yang sebagian besar anak-anak sekolah juga anak kuliahan pasti betah berlama-lama di sana, karena bisa ngerjakan tugas sambil makan dan internetan gratis ^^.

Di Jember yang sekarang nge-hits itu makanan pedas dari mie ayam, ceker pedas, Seblak pedas, cilok pedas, tahu pedas, semua serba pedas… Yang kalau perutnya tidak tahan pasti akan berakhir dengan sering ke belakang, atau paling tidak perutnya mules. Apa makanan itu sehat?? Selama konsumsinya tidak berlebihan insyaAlloh aman aman saja, tapi kalau sudah tiap hari bisa kejadian kayak keponakan saya yang akhirnya harus istirahat berhari hari karena sakit perut. 

Konsumsi makanan pedas kadang beresiko sakit perut , karena itu mari kita cari makanan yang sehat yang juga sedang nge-hits. Biar tetap kekinian ^^. Waktu lagi browsing di internet ketemu beberapa makanan sehat yang sedang nge-hits salah satunya yaitu poke bowl, apa itu poke bowl? 

Poke bowl adalah makanan yang terbuat dari daging ikan mentah, biasanya tuna atau juga salmon, yang dipotong dadu, disajikan dengan nasi dan berbagai topping. Sudah bisa membayangkan kan?

Poke bowl

Bicara daging ikan mentah jadi ingat sushi, sepertinya makanan ini hampir mirip dengan sushi, memang hampir mirip karena sama saja memakai daging ikan mentah bahannya , yang membuat poke bowl berbeda dengan sushi adalah dagingnya biasanya diiris dadu dan disajikan dalam mangkuk bersama nasi juga dengan berbagai macam topping.

Sudah banyak restoran yang menyajikan poke bowl sebagai menu utamanya, jadi yang pengen poke bowl  bisa langsung Googling tempat nya, sayangnya di Jember belum ada, karena itu jika pengen poke bowl harus punya inisiatif bikin sendiri , cara membuatnya cukup mudah kok, yang dimasak hanya nasinya, toppingnya juga suka suka kita… 

Ayo sesekali bikin makanan sehat biar tubuh juga sehat, bukan hanya makan enak di mulut saya, tapi juga enak di perut dan di tubuh, saya juga dalam proses mengurangi konsumsi pedes dan belajar membuat makanan sehat untuk keluarga, poke bowl jadi salah satu list yang ingin saya buat. 

Menurut saya makanan sehat mempunyai kontribusi bukan hanya membuat perut kenyang tapi juga membuat daya tahan tubuh menjadi kuat, sehingga tidak mudah sakit.

Mendapatkan makanan sehat bisa kita mulai dengan belajar memasak makanan sendiri, dengan memasak sendiri kita bisa memilih bahan makanan yang bagus dan sehat, dalam prosesnya pun kita bisa mengatur sesuai dengan keinginan kita , misalnya saja mengurangi garamnya, dan tidak memakai penyedap makanan dalam bumbunya. Memilih lebih banyak mengkonsumi sayur dan buah yang kaya antioksidan daripada junkfood juga bisa jadi opsi lainnya supaya makanan yang kita makan bisa dikategorikan makanan sehat.

Selain poke bowl, ada banyak makanan sehat yang bisa kita temui di sekitar kita, misalnya saja makanan tradisional juga sehat seperti olahan ketela pohon yang kita olah tanpa menggunakan minyak, olahan itu bisa menjadi getuk, atau juga gaplek (ketela yang telah dikeringkan), dan masih banyak lagi, olahan jagung, ketela rambat, dan masih banyak lagi. Makanan yang dikonsumsi orang jaman dulu kebanyakan adalah makanan sehat, mereka memasak tidak menggunakan bumbu instan yang kaya rasa serta bahan pengawet, tapi menggunakan bahan yang masih alami , mengolah makanan pun masih tradisional. Karana minyak mungkin mahal jadi kebanyakan masaknya dikukus, sehingga bebas minyak, dan pastinya bebas lemak dan kolesterol, makanan kakek nenek kita dulu jarang sakit, tidak seperti orang jaman sekarang yang masih muda gula darahnya sudah tinggi atau juga sering kram, asam urat, sakit lambung. Gaya hidup yang kurang sehat juga makanan cepat saji yang sering dikonsumsi menyebabkan itu semua.

Tunggu apa lagi, ayo mulai mulai makan makanan sehat, selain kenyang di perut juga membuat tubuh tlsehat , tidak bikin sakit perut , jangka panjang pun baik untuk kesehatan tubuh… Selain poke bowl dan makanan tradisional, apa teman-teman punya rekomendasi makanan sehat lainnya? Kalau punya ayoo sebutkan di kolom komentar ya… ^^

Sumber bacaan: https://qubicle.id/story/mengenal-pok-sajian-kuliner-dari-hawaii

Mencari Teman Kopi

Meminum kopi pagi sebagian orang adalah hal wajib, karena ia adalah penggemar atau penikmat kopi, tapi bagi sebagian orang biasa saja, minum atau tidak minum kopi tidak akan berpengaruh besar pada hari-harinya. Keluarga suami saya adalah penikmat kopi, tidak kami tidak gemar ke kafe kopi lalu minta barista membuatkan kopi… Kami penikmat kopi rumahan, kopi yang dibuat sendiri di rumah, saya ikut jadi penikmat kopi gara-gara tiap pagi dan sore bikinin suami kopi, dari yang awalnya cuma nyobain jadi malah ikutan suka kopi hitam bikinan rumah, bubuk kopinya ibuk sendiri yang menyangrai, dan kopinya saya bikin sendiri dengan takaran yang saya buat sendiri sesuai selera suami, tidak terlalu manis, hingga rasa pahitnya masih terasa kuat dibanding manisnya.

Musim hujan begini paling seneng kalau menyediakan kopi dengan sesuatu yang hangat dan manis untuk menemani menikmati kopi, jadi biasanya kalau beruntung dan hujan tidak turun saya bisa cari jajanan di sepanjang jalan depan gang, banyak jajanan yang dijual di sana, ada roti bakar, gorengan, terang bulan Bangka, terang bulan mini, martabak telor, dan masih banyak lagi. Tapi kali ini pengen banget dengan yang manis dan hangat seperti pisang goreng nugget  , jajanan yang baru-baru ini saya tahu dari internet tentunya, sepertinya  sebentar lagi akan booming, atau sudah booming??? ^^

Pisang goreng nugget

Jika dilihat sekilas hampir mirip pisang goreng pasir, tapi kok namanya pisang goreng nugget  ya??? Padahal kalau denger kata nugget dalam benak kita yang terpikir adalah nugget ayam, tahu yang identik dengan rasa gurih dan biasanya dibuat untuk lauk makan. Bagaimana dengan rasa pisang goreng nugget? Rasanya dijamin manis dengan topping beraneka macam rasa dari coklat, orea, greentea, dan dari bahan dasarnya ternyata bukan hanya pisang tapi ada tepung juga susu, makanya namanya pisang goreng nugget, cara buatnya hampir sama dengan nugget pada umumnya, yaitu menghaluskan bahan utama, dan mencampurnya dengan bahan pelengkap lainnya. Bedanya dengan pisang goreng pasir ya dari perlakuan pada pisangnya, pisang goreng pasir pisangnya tidak dihaluskan, hanya luarnya saja dibalut dengan tepung roti , sehingga tampilannya menawan.

Pisang goreng nugget

Pisang goreng pasir

Bagi penggemar berat pisang, kehadiran pisang goreng nugget adalah inovasi baru, baik dalam bisnis atau dalam dunia perdapuran. Selama ini kita mengenal pisang biasanya hanya untuk kripik, digoreng langsung , dibikin cake, buat kolak, dan sekarang mulai dibuat nugget. Tentu ini menarik bagi siapa saja, baik penggemar berat pisang atau yang biasa saja dengan pisang, semua pasti penasaran dengan rasa pisang goreng nugget.

Beberapa hari yang lalu karena penasaran dengan resep pisang goreng nugget , saya cari tahu, dan waktu membuka Instagram ada yang posting resepnya, rasanya kebetulan sekali saya pengen memcoba membuatnya, karena belum ada yang jual di daerah Jember. Coba di Jember ada yang buka delivery order pisang goreng nugget  ini, pasti saya langsung pesen, saya penggemar berat pisang, dari pisangnya yang langsung dimakan, kue pisan, pisang coklat, pisang goreng, semuanya sudah saya cobain, eh ini ada pisang goreng nungget yang sangat memikat dan menggiurkan saya malah belum pernah coba, masih pantaskah saya disebut penggemar berat pisang??? Entahlah, kalau besok pas keluar nyari-nyari di Jember belum juga ada, saya sepertinya akan mencoba membuatnya sendiri, sudah lama tidak mengeksekusi jajanan enak nichhhh… Siapa tahu suami juga anak-anak juga suka nanti dengan pisang goreng nugget buatan saya.

Sebelum itu semoga dalam waktu dekat saya bisa menemukan yang menjual pisang goreng nugget. Aamiin… Pengen segera nyamil pisang goreng nugget sambil menikmati kopi di sore hari… Hmmmmmmm…. Makanan manis dan hangat memang sangat cocok untuk pelengkap atau teman minum kopi menurut versi saya. Menurut kamu bagaimana ? Sudah menemukan jajanan yang bisa disantap sambil menikmati kopi apa belum? Apa jajanan fovoritmu????

Pic pisang goreng pasir dari sini.

Nyari Charger ^^

Daripada tidak posting posting apa aja wess, siapa tahu malah dapat inspirasi…

Tadi waktu suami ngecharge hp tiba-tiba colokannya menyala, dan dia menyimpulkan bahwa chargernya positif rusak, sudah dari beberapa waktu lalu tuh charger lama bingits buat ngecharge …

Karena suami sedang sibuk lembur ngerjain kerjaan yang belum selesai , jadilah saya yang berangkat, muer muter sebentar lah sebelum akhirnya dapat charger yang dicari, tidak tahu apa bisa maksimal sama charger yang ori alias asli, karena memang merek hpnya gak umum.

Ya begitu saja postingan kali ini 😁😁

Janganlah Berganti

Dengarkan atau juga nonton lagu ini selalu seolah terbawa ke masa beberapa tahun silam, saat kebahagian rasanya cukup hanya dengan menghabiskan waktu bermain bersama teman teman, tak perlu berlibur ke banyak tempat cukup belajar berenang di kali atau juga menyeberang sungai kemudian naik ke atas bukit melihat panjangnya aliran sungai yang terlihat mengkilat dari atas bukit, belajar kelompok bareng yang berakhir rujak an seadanya, jambu air, mangga muda. Atau juga saat ke tegalan (ladang) sedang panen semangka dan kita memecah semangka di gubuk yang ada di sana dan dimakan bareng bareng, dan lagi kalau sudah musim hujan rasanya adalah surganya anak anak yang suka sekali dengan hujan, rasanya gak ada anak yang gak seneng kalau pas hujan deras, semua pengen hujan hujanan.
Kenangan masa kecil selalu membekas diingatan, kenangan adalah hal yang selalu kita simpan dan tidak akan berubah. Semoga saya bisa menjadi ibu yang baik untuk anak anak saya sehingga masa kecil mereka  pun bisa diisi dan  diwarnai dengam hal-hal yang menggembirakan, yang baik, dan yang membahagiakan. Aamiin…

Gus Jakfar

Cerpen paling berkesan… Dari baca pas jaman SMA sampai sekarang masih tetap ingat

MR ZHIEDZ

Oleh A. Mustofa Bisri

Di antara putera-putera Kiai Saleh, pengasuh pesantren “Sabilul Muttaqin” dan sesepuh di daerah kami, Gus Jakfar-lah yang paling menarik perhatian masyarakat. Mungkin Gus Jakfar tidak sealim dan sepandai saudara-saudaranya, tapi dia mempunyai keistimewaan yang membuat namanya tenar hingga ke luar daerah, malah konon beberapa pejabat tinggi dari pusat memerlukan sowan khusus ke rumahnya setelah mengunjungi Kiai Saleh. Kata Kang Solikin yang dekat dengan keluarga ndalem, bahkan Kiai Saleh sendiri segan dengan anaknya yang satu itu.

“Kata Kiai, Gus Jakfar itu lebih tua dari beliau sendiri,” cerita Kang Solikin suatu hari kepada kawan-kawannya yang sedang membicarakan putera bungsu Kiai Saleh itu. “Saya sendiri tidak paham apa maksudnya.”

“Tapi, Gus Jakfar memang luar biasa,” kata Mas Bambang, pegawai Pemda yang sering mengikuti pengajian subuh Kiai Saleh. “Matanya itu lho. Sekilas saja mereka melihat kening orang, kok langsung bisa melihat rahasianya yang tersembunyi. Kalian ingat, Sumini yang anak penjual…

Lihat pos aslinya 2.313 kata lagi

Ibu Rumah Tangga Tulen

Menjadi ibu rumah  tangga seperti bukan sebuah profesi yang keren jika ditulis di kolom pekerjaan di KTP. Dalam kenyataan itu tidak masalah bagi sebagian orang. Setiap perempuan yang sudah menikah berhak menentukan arah perjalannya kemudian, ingin tetap berkarir atau memilih mengurus rumah dan anak anak juga suami di rumah. Setiap pilihan insyaAlloh baik. Karena tentu sudah dipertimbangkan sebelumnya, wanita berkarir atau menjadi ibu rumah tangga tulen tetap saja keren semua, yang berkarir insyaAlloh bisa memberikan manfaatnya lebih kepada orang lain, dan yang menjadi ibu rumah tangga saja bisa memberikan semua hal untuk keluarga secara maksimal. Jadi tetap bangga jadi istri, ibu atau juga wanita karir insyaAlloh selalu bisa bermanfaat bagi sesama.

Oh ya kapan hari sempet ngobrol banyak dengan teman teman kuliah di grup wa, ya bahas tentang karir juga beberapa cerita tentang pengalamannya jadi ibu rumah tangga tulen, yang bisa dipastikan meninggalkan karirnya , saat itu teman saya ada yang bilang kalau Rizki bukan hanya berupa materi seperti uang, tapi Rizki juga bisa berupa kesehatan, kelapangan untuk beribadah, kebahagian dengan hal yang sederhana, juga waktu luang bersama keluarga, dan karena itu misalnya seorang ibu rumah tangga tidak mendapat uang di waktu yang ia lewati ia mendapatkan waktu untuk bersama anak anaknya juga mengurus hal di rumah sendiri. Itu juga bisa disebut Rizki ^^.

Waktu Membaca

Saya suka sekali membaca, ya membaca buku tentunya , setahun yang lalu masih sering ke puasa pinjam buku yang ada di sana, selama beberapa tahun menjadi anggota ousda belum pernah nemuin buku buku yang lagi trending. Bukunya kebanyakan buku yang sudah trending di tahun sebelumnya, atau mungkin saya tidak tahu dan buku buku baru sudah dipinjam anggota lain yang lebih sering ke perpus… 

Dulu masih punya 1 anak rasanya waktu membaca masih lumayan banyak, sekarang juga masih sama, tapi entah kenapa sekarang belum menemukan semangat yang menggebu gebu untuk membaca seperti pada tahun sebelumnya, mungkin karena bacaan yang saya punya masih itu itu saja, akses ke buku bacaan baru juga masih sedikit, kalau mau membaca buku baru ya harus beli, dulu dulu masih bisa pinjam ke teman , ke toko buku sudah jarang bingit, baru kalau bener bener kepengen banget berangkatlah ke toko buku .
Oh iya saya pengen cerita tadi malam baca novel Dilan, senyum senyum sendiri pas baca, ada ya orang kayak Dilan… Pengen lanjut baca lagi pekerjaan rumah sudah manggil manggil, cepat selesaikan aku, katanya . 
Waktu membaca paling pas memang pas malam hari sepertinya, pas semua sudah pada bubuk, hanya ada saya dan buku ^^.

Ayo Semangat membaca lagi….