Mengucapkan “Maaf” dan “Terima Kasih”

Tiap anak dalam perkembangannya pasti berbeda, saya melihat dan mengamati sendiri pada Nay dan Ain, dua putri saya. Nay dari kecil seneng bicara, jadi ia lebih dahulu bicaranya daripada bisa jalannya, cepet belajar nyanyi juga bicara, tapi biacaranya masih sesukanya waktu itu, jadi kadang banyak tidak jelasnya dalam pelafalan hurufnya.

Berbeda dengan adiknya Ain, Ain lebih pendiam tapi aktif sekali, dari umur 6 bulan ia bisa merangkak bareng dengan belajar berdiri pegangan kalau orang jawa bilang trantanan, jalan pun sudah bisa pada umur 1 tahun an (mbaknya baru bisa jalan di umur 16 bulan). Nah, kalau secara verbal, Ain lebih pendiam, dari bayi tidak banyak celoteh, ada tapi tidak sebanyak mbak nya dulu. Dan ternyata Ain lebih santai dalam perkembangan bahasanya tapi itu membuat dia malah lebih jelas dalam pelafalan hurufnya, saya kira ia tidak suka menyanyi seperlrti mbak nya, tapi ternyata sama saja sekarang malah mulai belajar nyanyi sendiri dari lagu-lagu di tv atau juga yang ia lihat dan dengar di hp.

Dalam hal mengucapkan maaf dan terima kasih Nay dar mulai bicara sudah mulai melakukannya sedang Ain kemarin-kemarin susah sekali diminta untuk meminta dan mengucapkan maaf juga terima kasih, setiap diingatkan selalu pergi begitu aja dengan senyum-senyum (tipe anaknya agak suka jahilin orang), saya kira ia akan cuek dengan hal itu, tapi ternyata saat sudah biasa diingtakan untuk minta maaf ia beneran minta maaf dan mengenai ucapan terima kasih sekarang malah ia selalu mengucapkannya kalau diberi sesuatu, ” imaatiiihhh” tidak lupa sambil nyelonong pergi dam senyum-senyum.

Intinya disini saya bukan mau membandingkan keduanya, karena memang tiap anak perkembangannya berbeda pun sifatnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s