Dunia Orange

Dunia orang-orang adalah sebutan untuk wattpad, media sosial tempat berbagi cerita … Media sosial tempat bertemunya para penulis dan pembacanya, media sosial tempat para penggemar cerita yang ingin bacaan gratis, tempat para penulis menyalurkan semua ide menulisnya , awal ketemu tahun berapa ya, saya lupa, saat itu hp masih BAB alias BlackBerry, dunia orange ini menjadi hiburan saya saat di rumah dan suami kerja, saat anak tidur biasanya saya baca-baca, sering ketemu cerita bagus dan selalu menunggu update nya.
Dari beberapa tahun ke belakang banyak sekali penulis wattpad yang akhirnya menerbitkan bukunya sendiri, dan banyak penerbit besar di belakangnya. Namanya hobi yang menghasilkan. Ada sisi yang bikin pembaca kecewa kadang , pasca diterbitkannya buku, biasanya penulis jarang ngepost cerita sampai selesai, atau bahkan yang vakum sama sekali, karena kebanyakan tulisannya langsung masuk ke penerbit, dan tak jarang mereka juga mempromosikan buku-buku itu di wattpad. Karya memang harus dihargai, tapi beneran kadang pembaca pun jadi kecewa, tapi apalah daya namanya juga gratisan, kalau pengen yang lengkap ya harus mengoleksi versi tanya yang berarti harus beli.
Selain karena diterbitkan ada beberapa penulis yang menghapus caritanya karena diplagiat oleh penulisan lain yang tidak bertanggung jawab, nyesek lho rasanya karya kita diambil oleh orang lain dan diakui sebagai hasil tulisannya, saya pernah sekali waktu masih rajin nulis di blog saya ini, tulisan saya dan juga gambar nya di copy paste di blog lain , dan tanpa nyantumin sumber atau juga backlink, rasanya tidak enak sama sekali, padahal ini tulisan biasa. Nah apalagi kalau yang dijiplak karya yang mikirnya pakai menguras otak, bisa dibayangkan bertapa jengkelnya, pengen berbagi cerita tapi tidak ingin diambil karyanya  mungkin itulah dilema yang  dialami oleh penulis wattpad.
Tapi, saya tetap salut dengan para penulis-penulis itu, karena tulisan tulisannya selalu bisa menghibur ibuk ibuk seperti saya, ketika penat melanda… tetep berkarya ya para penulis – penulis … Cerita-ceritanya akan selalu kami tunggu .  

Salah satu buku yang diterbitkan dari tulisan di wattpad


Saya punya satu buku yang sebelumnya oleh penulisnga di-posting di dunia orange alias wattpad, buku itu adalah buku yang berjudul “Not A Perfect Wedding” karya Mbak Asri Tahir. Ceritanya memangsa elalusaya tunggu update annya, dan waktu belum sampai ending sudah distop publish karena proses penerbitan jadilah saya penasaran , dan Alhamdulillah dapat juga yang bertanda tangan penulisnya . 

Iklan

2 thoughts on “Dunia Orange

  1. Saya pernah beberapa kali mengunjungi whattpad tapi nggak tertarik. Cuma tertarik sama cerita terjemahan saja. Soalnya klo baca tulisan gaul mood saya langsung ilang. Nggak terbiasa sekali 😀

    • Hahahaa… Selera orang berbeda mas… Kebanyakan emang cewek mas pembacanya… Ya tahu sendiri lah … Kadang sejenis novel emang lebih banyak dramanya… Sekedar buat hiburan….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s