Berburu Makanan Sehat

Wisata kuliner sekarang sedang hits, banyak resto juga cafe yang baru dibuka, di resto juga cafe itu biasanya juga ada fasilitas WiFi gratis, andalan para pelanggannya yang sebagian besar anak-anak sekolah juga anak kuliahan pasti betah berlama-lama di sana, karena bisa ngerjakan tugas sambil makan dan internetan gratis ^^.

Di Jember yang sekarang nge-hits itu makanan pedas dari mie ayam, ceker pedas, Seblak pedas, cilok pedas, tahu pedas, semua serba pedas… Yang kalau perutnya tidak tahan pasti akan berakhir dengan sering ke belakang, atau paling tidak perutnya mules. Apa makanan itu sehat?? Selama konsumsinya tidak berlebihan insyaAlloh aman aman saja, tapi kalau sudah tiap hari bisa kejadian kayak keponakan saya yang akhirnya harus istirahat berhari hari karena sakit perut. 

Konsumsi makanan pedas kadang beresiko sakit perut , karena itu mari kita cari makanan yang sehat yang juga sedang nge-hits. Biar tetap kekinian ^^. Waktu lagi browsing di internet ketemu beberapa makanan sehat yang sedang nge-hits salah satunya yaitu poke bowl, apa itu poke bowl? 

Poke bowl adalah makanan yang terbuat dari daging ikan mentah, biasanya tuna atau juga salmon, yang dipotong dadu, disajikan dengan nasi dan berbagai topping. Sudah bisa membayangkan kan?

Poke bowl

Bicara daging ikan mentah jadi ingat sushi, sepertinya makanan ini hampir mirip dengan sushi, memang hampir mirip karena sama saja memakai daging ikan mentah bahannya , yang membuat poke bowl berbeda dengan sushi adalah dagingnya biasanya diiris dadu dan disajikan dalam mangkuk bersama nasi juga dengan berbagai macam topping.

Sudah banyak restoran yang menyajikan poke bowl sebagai menu utamanya, jadi yang pengen poke bowl  bisa langsung Googling tempat nya, sayangnya di Jember belum ada, karena itu jika pengen poke bowl harus punya inisiatif bikin sendiri , cara membuatnya cukup mudah kok, yang dimasak hanya nasinya, toppingnya juga suka suka kita… 

Ayo sesekali bikin makanan sehat biar tubuh juga sehat, bukan hanya makan enak di mulut saya, tapi juga enak di perut dan di tubuh, saya juga dalam proses mengurangi konsumsi pedes dan belajar membuat makanan sehat untuk keluarga, poke bowl jadi salah satu list yang ingin saya buat. 

Menurut saya makanan sehat mempunyai kontribusi bukan hanya membuat perut kenyang tapi juga membuat daya tahan tubuh menjadi kuat, sehingga tidak mudah sakit.

Mendapatkan makanan sehat bisa kita mulai dengan belajar memasak makanan sendiri, dengan memasak sendiri kita bisa memilih bahan makanan yang bagus dan sehat, dalam prosesnya pun kita bisa mengatur sesuai dengan keinginan kita , misalnya saja mengurangi garamnya, dan tidak memakai penyedap makanan dalam bumbunya. Memilih lebih banyak mengkonsumi sayur dan buah yang kaya antioksidan daripada junkfood juga bisa jadi opsi lainnya supaya makanan yang kita makan bisa dikategorikan makanan sehat.

Selain poke bowl, ada banyak makanan sehat yang bisa kita temui di sekitar kita, misalnya saja makanan tradisional juga sehat seperti olahan ketela pohon yang kita olah tanpa menggunakan minyak, olahan itu bisa menjadi getuk, atau juga gaplek (ketela yang telah dikeringkan), dan masih banyak lagi, olahan jagung, ketela rambat, dan masih banyak lagi. Makanan yang dikonsumsi orang jaman dulu kebanyakan adalah makanan sehat, mereka memasak tidak menggunakan bumbu instan yang kaya rasa serta bahan pengawet, tapi menggunakan bahan yang masih alami , mengolah makanan pun masih tradisional. Karana minyak mungkin mahal jadi kebanyakan masaknya dikukus, sehingga bebas minyak, dan pastinya bebas lemak dan kolesterol, makanan kakek nenek kita dulu jarang sakit, tidak seperti orang jaman sekarang yang masih muda gula darahnya sudah tinggi atau juga sering kram, asam urat, sakit lambung. Gaya hidup yang kurang sehat juga makanan cepat saji yang sering dikonsumsi menyebabkan itu semua.

Tunggu apa lagi, ayo mulai mulai makan makanan sehat, selain kenyang di perut juga membuat tubuh tlsehat , tidak bikin sakit perut , jangka panjang pun baik untuk kesehatan tubuh… Selain poke bowl dan makanan tradisional, apa teman-teman punya rekomendasi makanan sehat lainnya? Kalau punya ayoo sebutkan di kolom komentar ya… ^^

Sumber bacaan: https://qubicle.id/story/mengenal-pok-sajian-kuliner-dari-hawaii

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s