Toothache

Toothache seperti yang kita tahu adalah bahasa lain/istilah lain untuk menyebut sakit gigi.

Sakit gigi adalah salah satu sakit yang bersaudara dengan demam, yang berati hampir semua orang pernah merasakannya, entah waktu kecil, remaja, atau saat sudah berumur. Ya, sakit gigi bisa terjadi pada semua umur. Dan karenanya sakit gigi selalu punya segudang cerita.

Saat saya masih duduk di bangku sekolah menengah, pernah suatu ketika Guru Biologi bercerita tentang pengalamannya dengan gigi geraham belakang atau yang biasanya disebut gigi bungsu (mungkin karena tumbuhnya/munculnya paling belakang), beliau bercerita jika gigi geraham itu terkadang menimbulkan masalah karena posisinya, dan oleh dokter disarankan untuk melepasnya.

Saat gigi bungsu saya mulai tumbuh, benar sekali rasanya cenat cenut dan badan terasa meriang/greges, dan itu adalah pengalam pertama saya sakit gigi lagi setelah lama tidak sakit gigi, seingat saya terakhir kali sakit gigi itu adalah saat masih duduk di bangku sekolah dasar.

Saat itu saya kira saat sakitnya reda, berarti masalah selesai, ternyata tidak… Perjalanan gigi itu sepertinya masih ada, dan sekali waktu sakit lagi, sakit lagi, ya sampai 2 kali…

Dan mungkin memang sebaiknya dicabut ya??? Tapi, entahlah dalam diri masih juga ada pertanyaan, pasti adanya gigi geraham belakang ini ada maksudnya, mesti kata banyak orang fungsinya sangat minimal dibandingkan dengan gigi-gigi laiinya… Karenanya sebisa mungkin tidak saya cabut…

Tapi kejadian tadi sore membuat saya berpikir ulang tentang mencabut gigi itu… Bagaimana tidak??? Gusi di sebelahnya malah mengeluarkan darah hari ini… Padahal kemarin masih belum begitu sepertinya…

Awal sakit gigi kemarin lusa, saya masih menyemangati diri bahwa sakit ini akan segera reda cukup dengan berkumur dengan air garam… Namun 2 hari setelahnya malah cenat cenut yang saya rasa masih tetap sama bahkan merajalela dengan keluarnya darah yang baru saya tahu… Dari gusinya… Why???

Harus ke dokter gigi sepertinya…

Leave a Reply

