Kopi Pahit

image

Kopi pahit kemarin malam

Pagi-pagi ngepost minuman, pas puasa pisan ^^. Sebenarnya pengen posting tentang ini pasca menyeduh kopi, tapi lupa keasyikan ngobrol ngalor ngidul.

Kopi ini ku buat dengan ilmu kira-kira, dan ternyata kebanyakan komposisi kopinya daripada gula yang berakhir dengan rasa kopi pahit… saat suamiku meminumnya, aku meminta maaf karena rasanya sedikit pahit, eh ternyata tanggapan suami di luar perkiraan, ia malah bilang, “Mending pahit kopinya daripada kemanisan…” sambil santai ia ngomong… dan dari situ mslah pikiran saja jadi keingat pas buat kopi kemanisan dulu… he ^^

Ya sudah begitu saja ^^ postingannya…

Selamat berpuasa….

Kalimat-kalimat Galau

Galau hal yang pastinya pernah mampir dalam hidup kita, entah sekali atau berulang kali.

Saat-saat itu kadang menjadi saat yang sulit atau juga biasa saja.

Saya seneng sekali menuliskan hal-hal yang galau atau juga sedih (kondisi yang sangat emosional) dalam sebuah tulisan di buku atau di hp.

Ketika semua itu sudah terlewati, membaca tulisan tentang kegalauan juga kesedihan itu sangat menyenangkan, kadang saya merasa tidak percaya bisa menyusun kata sebegitunya… Ini namanya the power of galau.

Namun, sampai saat ini masih enggan menulis hal semacam itu dalam blog, karena pasti terkesan curhat habis-habisan…

Ketika Membaca

Membaca adalah suatu kegiatan yang sangat tidak bisa dipisahkan dalam keseharian kita, membaca tulisan lucu-lucu di area kosong belakang truk atau membaca hal-hal yang kita temui di jalan adalah contoh kecil dari membaca ^^.

Membaca sebuah cerita adalah salah satu hobiku, malah sudah seperti addicted alias kecanduan buat baca-baca, rasanya gak enak kalau tidak baca ^^, tapi saya mah pembaca yang sangat suka gretongan alias gratisan, jadi lebih sering baca cerita dari buku perpus juga internet, beli buku adalah hal langka ^^.

Oh iya meski suka baca saya bukanlah seorang kutu buku, karena saya selalu memilih cerita yang saya baca yang bukan hanya konflik saja, alias sudah tamat (jika itu cerbung), tapi juga sudah penyelesaian alias sudah ending, padahal sebuah cerbung itu kadang munculnya lanjutan cerita setelah berapa hari (kalau beruntung bisa tiap hari ada, kalau belum beruntung alias penulisnya sedang tidak ingin cerita segera diakhiri atau memang sedang ada kendala bisa tahunan nunggu lanjutan ceritanya). Meski begitu, cerita-cerita itu sangat menghibur para pembacanya termasuk aku.

Kadang pengen banget bisa membaca yang tidak serta merta selalu membubuhkan/mengikutkan perasaan ketika membaca, sehingga aku bisa hanya membacaa saja tidak sampai kepikiran lanjutannya karena penasaran dengan cerita yang bersambung…

Saya hanya ingin membaca saja, tapi kadang saya dibuat kesengsem dengan jalan ceritanya, dan ketika itu saya merasa gimana gitu, rasanya seperti nontok drama kolosal di tv yang gak ada habisnya, penonton hanya akan mendapatkan satu kesan, “yah… Penasaran dechhhh.”

NB: ngantuk ^^

Pagi di Hari Sabtu 27 Juli 2015

Tadi malam sengaja mematikan alarm hp, karena memang tidak memasak agak ribet kayak kemarin untuk sahur, kemarin memang sengaja nyetel alarm pada pukul 03.00 WIB namun malah bangun pada pukul 02.30 WIB karena ada patrol keliling lewat yang ruame banget…

Back to sahur tadi, karena gak ada alarm hp bunyi dan tidak kedengeran patrol (karena memang sepertinya gak saben hari ada, selain itu jamnya gak tentu, yang ekstrim kadang jam setengah 2 pagi sudah lewat), jadilah baru bangun saat jarum jam sudah hampir ke angka 12 untuk jarum panjang dan jarum pendek pada angka 4, yang berarti waktu sahur tinggal hitungan menit sebelum imsak, bahkan aku batal menggoreng telur. Semuanya sahur dengan menu seadanya, untung masih ada lauk di meja makan.

Alhamdulillah semua sahur… Meski agak telat… Dan mepet waktu imsak.

Selalu Ada Banyak Jalan ^^

Blogging, kegiatan yang pasti sangat kita senangi (sebagai seorang blogger itu kegiatan wajib ^^), dan tentunya hal tersebut membutuhkan media untuk posting.

Jaman sekarang segala sesuatu ada digenggaman, dengan hp semua bisa dilakukan, mulai dari pesan makanan, bayar tagihan listrik, belanja sepatu, baju, jualan, foto-foto, dan termasuk tidak ketinggalan, ngeblog. Banyak aplikasi blog di hp Android yang sebagian besar sudah pada pegang (punya), aku tapi belum ^^.

Namun, banya blogger yang lebih nyaman posting lewat PC, lebih lega rasanya. Hanya sebagian saja yang milih pakai ponsel, seperti saya. Banyak alasan juga sich kenapa seneng posting lewat ponsel, salah satunya lebih efisien dan bisa nulis kapan saja dimana saja. Kekurangannya cuma di bagian editing, tidak bisa maksimal tampilan blog kalau posting lewat hp, terlebih hpnya seperti punya saya sering error aplikasi blognya, bahkan sampai sekarang tidak bisa upload foto, dan itu membuat blogku sepi foto ^^. Semua itu sebenarnya bisa disiasati dengan mengedit postingan ketika sudah berada di depan PC.

Selalu ada banyak jalan untuk posting di blog, dengan syarat jika ada kemauan. Seperti kata pepatah, “jika ada kemauan pasti ada jalan” ^^.

[Musik Hari ini] I Really Like You – Carly Rae Jepsen

Sudah seneng banget dengan lagu ini versi aslinya, awal nonton videonya di breakout NET.TV. Kemudian nyari mp3 nya dan kalau pas lagi masak dengerin, masuk dalam daftar lagu fovorit di hp ^^.

Setelah beberapa hari gak nyambangi alias berkunjung ke youtube (saya hanya berlangganan 1 akun saja di youtube, dan itu hanya Kurt Hugo Schneider), ketika buka eh ketemu sama lagu “I really like you” yang versi cover oleh KHS dan dibawakan Max Schneider juga Against The Current Cover.

Amazing…

Gak bosen-bosen denger suaranya Max dan Chrissy.

Berkunjung ke Blog Dulu

Pagi hari di bulan puasa hawanya dingin banget, dan mendukung untuk tidur-tiduran. Kalau gak ingat sama tanggung jawab kerjaan yang harus diselesaikan pastilah lebih uenak tarik selimut, rebahan di kasur, tidur-tiduran, sambil baca-baca cerita yang gak ada habisnya, atau kalau bosan, nulis-nulis apa aja. Jadi ingat ayat 13 di Surat Ar Rohman yang terjemahannya:

“Maka nikmat Tuhan kamu manakah yang engkau dustakan?” (QS. Ar Rohman: 13)

Nah kan… Apa yang bisa tidak kita syukuri kalau begitu…?

………………………………

Pagi yang dingin, pengen tiduran tapi Nay, putriku, tidak setuju, karena sudah pagi seperti hari biasanya saat tidak puasa ia menyuruh bangun semua orang, karena ia pengen main seperti biasanya. Yah, jadilah karena masih sangat dingin, aku mengambil cucian dan merendamnya saja, jadi ketika matahari mulai menampakkan sinarnya dengan sempurna aku tinggal nyuci…

Bikin kue, mikirin masak apa buat buka nanti, makanan apa buat sahur nanti, kok jadi ingat bahsan ILK (Indonesia Lawak Klub) tadi malam, puasa itu pengeluaran tambah boros apa tambah hemat???

Jawabannya tiap orang beda, kalau pas puasaan digunakan untuk belanja baju hari raya, dll pasti puasa makin boros jadinya, tapi kalau diatur sedemikian rupa hingga bisa menekan pengeluaran, ya bisa hemat ^^ (*halahngomongopoiki)

#NB: tulisan ini dibuat untuk latihan menulis ^^

Happy blogging 🙂

Hanya Tulisan Biasa (Episode 22 Juni 2015)

Absen sehari gak nulis kemarin… maafkan wahai blog… kemarin sibuk sendiri, wira wiri, kesana kemari, nyuci, masak, nyambel, bikin kue dan ngantuk, tidur.

Kemarin lusa sebenarnya ada hal amazing yang terjadi, tapi ini hanya menurut versiky, versi orang lain bisa jadi hal yang buiasaa nemen bahkan cobdong ke arah gak begitu penting. Tapi lain halnya bagiku yang memposisikan peristiwa ini semisal melihat bintang jatuh, amazing, dan selalu kepengen melafalkan tasbih, SUBHANALLOH….

Peristiwa apa itu???? Meski tidak ada yang merasa penasaran tetap akan aku tulis di sini…

Jadi saat capek sehabis bantu ibu di dapur, karena hari itu memang sedang acara di rumah yang harus siap semua ba’ da ashar karena makanannya akan disajikan untuk para tamu saat waktu berbuka ^^, aku rebahan di kamar, pelan aku mendengar tv yang ternyata sedang menyebut nama Gus Ja’far, nama yang sama persis dengan judul cerpen Gus Mus, dan itu adalah cerpen terfavoritku. Semakin lama ku dengar semakin jelas bahwa cerita di tv memang adalah cerita Gus Ja’far, karena penasaran aku bangun dan bergerak menuju ruang tv, dan benar ternyata Gus Mus sendiri yang membacakan cerpen itu…

Cerpen itu menjadi cerpen yang sangat berkesan bagiku karena cerpen itu mengingatkan para pembacanya untuk lebih rendah hati dan tidak mudah merendahkan orang lain… yang merasa agamanya sudah bagus dan memandang orang lain yang tidak sebagus dirinya dalam hal agama dan kedekatan kepada Alloh wajib baca cerpen ini… yang merasa sudah jadi ahli surga dan yakin Alloh memberikan banyak pahala atas kebaikan yang ternyata pamrih, kudu baca cerpen ini…. yang pengen belajar ikhlas juga harus baca cerpen ini.

Mendadak Sibuk

Hari ini sibuk sekali, jadi postingan hari ini judulnya “Mendadak Sibuk”, kenapa mendadak??? Karena jarang-jarang bulan puasa gini sibuk seperti hari ini, dan itu pasti karena ada suatu hal/acara…

Dimulai pagi, sudah macak jadi ibu rumah tangga teladan dengan pergi ke pasar, padahal mah awal-awal berangkat agak males apalagi kemarin ibu sendiri yang bilang kalau beliau sendiri yang ke pasar, eh malah di hari yang dijanjikan aku yang pergi… Ada senengnya sichhh… Senengnya ya dapat pengalaman belanja, soalnya dalam dunia perbelanjaan jam terbangku sangat sedikit, jadi itung-itung nambah pengalaman belanja ke pasar ^^, ada sedihnya juga, sedihnya itu ya karena sebelum berangkat ibu sudah pesen suruh bawa hp (biasa kalau ke pasar males bawa hp), dan karena itu aku jadi bolak balik ke dalam pasar sampai 3x, yang lebih bikin WAH itu ibu telpon selalu saat aku sudah ada di samping sepeda, yang berarti sudah tinggal menghidupkan sepeda dan pulang, dan itu sampai 3x…

Kurang “WAH” apa lagi hari ini???

Puasa hari ketiga… Nay puasa juga katanya, meski makan kuenya terus-terusan kalau ditanyai puasa ia akan menjawab dengan santai kalau ia puasa… Lucunya ^^…

Nay, makin seneng main dengan teman-temannya, sudah lebih tertarik sosialisasi dengan teman sepermainannya.

Yang mau tarawih, apalagi di mushola yang gak terlalu besar dan ramai, lebih baik datang saat belum adzan/ menjelang adzan Isya’ karena kalau pas adzan biasanya tempat sudah penuh, dan mau gak mau nyari mushola lain…

Senengnya malam di bulan Ramadhan… Siangnya, juga paginya selalu khas, dan semua itu amazing…

[Musik Hari ini] Ruang Rindu – Letto

Berawal dari ikutan GA di sini jadi ingat akan sesuatu tentang salah satu lagunya Letto yang pengen saya tulis ^^.

Giveaway yang diadakan oleh Mbak Luckty di blognya memberikan bertanyaan “jika diberi kesempatan menulis buku dari judul lagu, judul lagu apakah yang diambil? Mengapa?

Pertanyaan itu mengingatkan saya akan lagu Ruang Rindu nya Letto, ya meski sudah dibuat buku oleh seorang penulis, tetep saja saya pengan banget menulis buku dari lagu itu, liriknya sudah tidak usah diragukan lagi, sarat makna meski terkesan sederhana…

Selain dari lirik, video klipnya juga sangat menarik bukan… Kalau dari lirik kita bisa menerjemahakan rasa rindu yang ada di dalamnya kepada siapa saja, bahkan kepada Sang Pencipta, Alloh SWT. Lagi-lagi saya ingat seorang musisi dalam sebuah artikel ia menyebutkan bahwa sebuah karya ketika berada di tangan para penikmatnya (pembaca, pendengar, penonton, dls) maka karya itu menjadi milik mereka (bukan hak milik yang dimaksud disini), dalam artian bagaimana seseorang mengartikan karya itu, bagaimana seseorang menerima dan menerjemahkan karya itu sesuai dengan diri masing-masing.

Jadi, apa arti lagu Ruang Rindu bagi yang suka dengan lagu ini? (Masing-masing orang pasti punya perbedaan memaknainya…)

Ruang Rindu – Letto

“Di daun yang ikut mengalir lembut
Terbawa sungai ke ujung mata
Dan aku mulai takut terbawa cinta,
Mengirup rindu yang sesakkan dada…

Jalanku hampa dan ku sentuh dia,
Terasa hangat oh di dalam hati,
Kupegang erat dan ku halangi waktu,
Tak urung jua ku lihatnya pergi,

Tak pernah ku ragu dan selalu ku ingat,
Kerlingan matamu dan sentuhan hangat,
Ku saat itu takut mencari makna,
Tumbuhkan rasa yang sesakkan dada,

Kau datang dan pergi oh begitu saja,
Semua ku terima apa adanya,
Mata terpejam dan hati menggumam
Di ruang rindu kita bertemu…”