Firasat

Menjadi seorang ibu pastilah kita akan belajar banyak hal, salah satunya adalah tentang firasat, atau pertanda…

Memang hal tersebut kadang awal-awalnya tidak kita sadari karena mungkin memang kita belum peka atau juga kita memang sedang tidak diberi firasat atau pertanda…

Aku jadi ingat sebuah cerita yang disampaikan Pak Guru saat di sekolah, yang inti ceritanya adalah bahwa setiap manusia itu diberikan semacam insting untuk merasakan sesuatu hal yang terkait dirinya, misalnya saja seseorang ingin melewati suatu jalan, namun tiba-tiba di hatinya muncul suatu keraguan akan keamanan jalan itu, maka sebaiknya jangan lewat, mungkin di jalan itu ada yang gak baik, hantu atau penampakan misalnya, atau juga jalannya sedang diperbaiki dan sepi, dll… Karena Alloh sedang memberi tahu kita lewat perasaan “gak enak alias ragu” itu.

Tentang firasat dan pertanda saya mempunyai cerita sendiri, ini dari pengalaman pribadi. Dulu saat sekolah dan tinggal berjauhan dengan orang tua, kadang ibu tiba-tiba telephone, mengatakan perasaannya sedang tidak enak takut kalau putrinya ini sedang sakit. Saat itu saya belum tahu apa itu yang dimaksud firasat atau sebuah pertanda yang dirasakan oleh ibu, tapi setelah menjadi seorang ibu saya jadi tahu.

Karena memang kita dekat dengan anak kita, jiwa kita. Jadi, seorang ibu biasanya merasakan hal yang tidak enak yang terjadi atau akan terjadi pada anak. Dan itulah kenapa ada yang bilang, “seorang ibu bahkan lebih tahu akan anaknya, daripada anak itu sendiri pada dirinya.”

Bersambung… firasat (part 2)

Advertisements

One thought on “Firasat

  1. Pingback: Firasat (Part 2) | anaAnum's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s