Sepenggal Kisah Shinta

Siapa yang gak pernah dengar nama Rama Shinta???

Aku sering mendengar nama mereka selalu disandingkan, karena kisah cinta mereka terkenal sebagai salah satu cinta abadi sepanjang masa… Setidaknya itu yang selalu aku dengar selama ini, tapi kemudia setelah aku membacanya, aku jadi tahu kalau kisah itu tidak berakhir happy ending seperti juga kisah Romeo Juliet.

Jadi, ceritanya waktu ada drama kolosal “Ramayana” di salah satu stasiun tv swasa aku jarang menontonnya, bahkan sampai drama itu berakhir aku tidak tahu cerita keseluruhannya, aku hanya tahu bahwa sayembara untuk memperebutkan Shinta dan menikahinya itu dimenangkan seorang Pangeran dari Ayodya, yaitu Rama. Setelah mereka menikah ku kira ceritanya hanya sampai pada kemenangan Rama mengalahkan Rahwana yang menculik Shinta saat di pengasingan, tapi ternyata tidak, kisah ujian cinta mereka bahkan justru dimulai saat itu.

Kesabaran Shinta lah yang mungkin membuat kisah ini sangat terkenal, dan aku secara pribadi sangat tidak menyukai sikap Rama yang lebih memperhatikan omongan orang daripada istrinya sendiri. Tapi, itu juga karena kutukan yang diterima oleh Dewa Wisnu sebelum ia menjelma menjadi Rama kan???!!! Aku nonton episode drama Mahadewa, saat Dewa Wisnu dikutuk oleh Wrinda, istri Jaladhara, yang sangat setia dengan suaminya, kisah lengkapnya bisa googling.

NB: tulisan ini ku buat setelah membaca buku “sepotong hati yang baru”, menggabungkannya dengan pengalamanku nonton sebagian-sebagian drama kolosal India di TV

Leave a Reply

