Pusda, Tempat Buku-Buku Kita ^^

ya bagi sebagian orang mungkin masih merasa asing dengan pusda. Yang belum tahu apa itu pusda, pusda itu adalah perpustakaan daerah… Aku dulu juga tidak tahu kalau kota kabupatenku itu punya pusda, sampai kemudian aku hijrah ke kota kabupaten untyk kuliah, barulah aku tahu dengan pusda.

Kebanyakan anak desa yang dibesarkan dan menghabiskan banyak waktu di desa yang jauh dari kota kabupaten, tidak mengenal pusda. Karena, perpustakaan itu biasanya hanya kami temui di sekolah-sekolah. Setelah mengenal pusda, rasanya sangat senang karena tidak hanya waktu sekolah saja buku-buku itu bisa kita pinjam dan kita baca, saat sudah berkeluarga atau bekerja pun kita bisa menjangkau perpustakaan, tempat-tempat buku kita. lho, kok bisa buku kita… karena pusda kan memang disediakan oleh pemerintah untuk seluruh lapisan masyarakat yang doyan baca.^^

Pusda Jember

image

pusda tampak dari depan

Aku mengenal dan datang pertama kali pusda kabupatenku, Jember, saat pusda saat itu belum dibagun seperti sekarang… hal yang sangat berkesan saat itu adalah saat mau menunaikan sholat dhuhur. Saat itu aku masih awam dengan lingkungan pusda, saat mencari mushola aku bersama temanku tidak menemkan tulisan “mushola”, aku malah menemukan tulisan yang “jalan menuju surga” di arah yang menunjukkan mushola, kontan saja saat itu aku tertawa, begitu juga temanku. sekarang mushola di pusda sudah bagus, keramikan, dulu ketika pertama kesana masih sangat sederhana musholanya.

image

bagian belakang area pusda, tempat parkir, mushola, kamar mandi ada di sini ^^

wes sekarang pusda Jember tambah bagus bangunannya…

image

pintu belakang pusda (masuk dari tempat parkir)

aku seneng pinjam buku kalau pas pengen baca-baca, dan buku itu biasanya novel, meski sebenarnya banyak jenis buku selain novel, dari buku untuk anak-anak yang ada di lantai atas, buku referensi yang gak boleh dipinjam (hanya boleh dibaca di sana), buku psikologi, masak, dan masih banyak lagi, tapi aku saat ini masih seneng sama novel-novel yang ada di pusda.

sudah tahu sedikit gambaran tentang pusda kan? jadii tunggu apa lagi …. ayuuuukkk ke pusda, jadi anggota, pinjam dan baca bukunya. Alangkah bersyukurnya kita yang bisa menjangkau pusda( yang tinggal di desa butuh waktu lama untuk menempuh jarak ke pusda), karena itu mari kita ramaikan pusda.

dan juga aku berharap… pelayanan pusda bisa menjangkau ke semua daerah di jember baik desa atau kota… semoga ke depannya….

kata orang bijak:
banyak baca banyak tahu… ^^

jadi mari kita sering membaca ^^

Leave a Reply

