lagi-lagi gak mood

Lagi-lagi gak mood untuk nulis, alasannya hmmmm… Entahlah sukar dijelaskan dengan kata-kata. Yang jelas gak mood banget ngeblog atau nulis.

Kalau googling “cara mengatasi writer’s block” pastilah akan banyak tips untuk mengatasinya, ada juga yang menceritakan tentang seorang penulis yang bener-bener gak bisa nulis sampai bertahun-tahun karena suatu hal yang menyebabkan ia terkena writer’s block.

Ku kira tiap orang punya cara tersendiri untuk menghilangkan/ mengatasi writer’s block, ada yang bilang ikuti mood, kalau gak mood kadang tulisan pun akan jarang bisa sesuai dengan yang kita inginkan… Tapi, jika mengikuti mood pastilah aku akan jarang sekali nulis, karena lagi-lagi mood ku sering gak baik. Jadi, menurutku, aku harus mencari mood ku/ mengatasi mood ku yang tidak baik itu, dengan tetep menulis meski kadang tidak pengen nulis. Karena ada yang bilang, jangan hanya mencari inspirasi kemudian nulis, tapi menulislah dan kau akan dapatkan inspirasi (Yuhui… Macak motovator nulis).

Mungkin ada sebagian kita yang enggan menulis karena merasa tatanan kata dalam tulisan kita gak bagus, kurang nyaman kalau dibaca lagi, atau juga isinya masih sangat biasa. Hmmmm… Itu masalah bisa diatasi dengan mengembalikan pada niat awal kita nulis, kalau niatnya untuk menghasilkan tulisan yang sempurna maka sepertinya kita gak akan nulis (karena pasti akan merasa tulisan kita selalu tidak sempurna, dan menyebabkan enggan menulis karena ketidaksempurnaan tulisan kita), dan kalau niatnya belajar nulis maka hasil tulisan yang kita kira tidak bagus itu bukan lagi masalah, karena itu bagian dari proses belajar kita nulis, itu adalah latihan kita untuk terus memperbaiki tulisan kita. Dengan sering kita menulis, kita akan terbiasa mengungkapkan apa yang ada di pikiran kita, dan menurutku itu melatih dirikita untuk menggambarakan apa yang ada di benak ke dalam bentuk tulisan.

Kenapa tulisan ini jadi begitu panjang, ya… Sebenarnya tulisan ini ku buat karena aku berada pada masa-masa males nulisa karena tiba-tiba ide gak ada, moodku sangat jelek untuk nulis, dan tulisan ini adalah salah satu implementasi dari tips yang pernah ku baca di salah satu artikel, yang isinya kurang lebih, mengatasi writer’s block dengan tetap menulis. ^^

Semangat pagi… Semangat nulis…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s