Ramadhan, Puasa, Bedug, dan Kentongan…

Ramadhan, bulan suci di mana seluruh umat Islam di segala penjuru dunia menjalankan ibadah puasa. Puasa di bulan Ramadhan adalah salah satu rukun Islam, jadi jelaslah tiap Ramadhan wajib berpuasa tiap-tiap muslim. ^^

Ada beberapa hal yang menghiasi cerita di bulan Ramadhan, yang sekarang mungkin jarang aku temui di tempat lain, seperti di kota, namun kalau di desa tempatku tinggal hal ini masih ada, yaitu bedug dan kentongan, atribut penanda akan dikumandangkannya adzan, yang berarti alat untuk memberi tahu awal masuk waktu sholat.

Bedug, di masjid-masjid masih ada memang. Tapi, kalau kentongan sepertinya sudah jarang. Dulu waktu kecil sekarang pun masih kalau di kampung halamanku, tiap masuk waktu sholat selalu ada bunyi kentongan yang dibunyikan dari mushola yang letaknya tak jauh di rumahku. Kalau di mushola biasanya memang hanya kentongan, tapi kalau di masjid biasanya ada bedugnya juga. Aku cerita menurut versi dan setahuku ^^, itu artinya aku hanya menceritakan apa yang ada di lingkungan sekitarku, yang tentu ada beberapa hal yang berbeda dari lingkungan para pembaca ^^ (iya kalau ada pembacanya).

Saat aku kecil dan mulai belajar puasa, aku puasanya setengah hari, yang biasanya disebut puasa bedug, awalnya aku gak paham kenapa puasa setengah hari disebut puasa bedug, tapi terus tahu alasannya kenapa, karena bukanya tepat pada siang hari saat bedug waktu dzuhur ditabuh. ^^kok gak puasa kentongan ya namanya, kan saat dzuhur pun kentongannya dibunyikan… Sepertinya memang lebih pas kalau puasa tengah hari disebut puasa bedug ^^, lebih pas… Itu saja alasannya menurutku.

Kentongan, menjadi hal yang sangat penting saat puasa adalah karena kontongan yang dibunyikan saat masuk waktu maghrib menjadi penanda bahwa sudah waktunya untuk berbuka. Sekarang mungkin fungsinya sudah tergantikan oleh toar yang sudah ada hampir di setiap mushola, tapi toh keberadaan kentongan tidak bisa ditinggal begitu saja, karena jaman belum ada listrik kentongan adalah media komunikasi masal yang sangat berperan penting dalam kehidupan masyarakat, fungsinya selain untuk penanda waktu sholat juga untuk memberi tahu masyarakat akan berbagai berita, seperti kebakaran, kemalingan dan lain-lain (lho kok malah panjang lebar begini).

Bedug dan kentongan menurutku adalah bagian dari tradisi masyarakat yang turut andil dalam mengisi kekhasan bulan Ramadhan.^^

Selamat menjalankan ibadah puasa ^^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s