Ingat ini Jika Mulai Ingin Berlebih

Ingat ini jika ingin berlebih…

Hp jadul merk apa yang pernah kamu pakai???… ^^

Aku… Hp jadul yang hitam putih layaranya, aku lupa tipenya, itu sudah lumaya lama, pertama pegang dan punya hp adalah tahun 2007. Pertama masuk dunia perkuliahan, sebelum-sebelumnya sedikit belajar dari hp punya abah, yang juga jadul. Jaman semono (jaman segitu) memang hp-hp merk itu dan jenis-jenid itu sedang marak dan booming, awal mula hp mulai masuk ke dalam bagian hidup hampir seluruh kalangan masyarakat, termasuk aku yang kala itu masih merasa “Wah” ketika memiliki hp.

Memakai hp hitam putih, kala itu sudah sangat senang, bisa sms an, mencoba gonta ganti nomer untuk mencari mana operator yang banyak gratisan smsnya. Internetan di hp, wah aku bahkan tidak pernah berpikir ke arah itu, wong ngenet ae aku baru belajar di tahun-tahun itu (untung ada mbak ofie yang ngenalin aku ke dunia internet, kalau ke warnet aku diajak dan diajari bagaimana itu googling, terimakasih mbak ^^, terlihat sekali masih begitu gapteknya aku kala itu, sekarang masih juga deng ^^). Wes to lah, perjalanan hidup dan prosesnya mengajari banyak hal, dan eman jika gak kita tulis.

Oh ya kembali ke hp jadulku, masuk awal tahun kedua kuliah teman-teman sudah banyak sekali yang memakai hp berwarna, wes gak hitam putih, bahkan beberapa ada yang sudah ada kamera dan bisa dibuat internet (jaman segitu hp seperti ini sudah canggih, jaman sekarang hp tipe ini wes termasuk jadul, beda era mungkin ^^, canggih masa itu, jadul masa sekarang). Apa aku kepengen??? Aku yang manusia biasa begini ya pasti ada perasaan kepengen, terkadang, tapi tidak begitu ku pikirkan, sadar diri jika dipikirkanpun belum tentu akan punya ^^.

Nah, di tahun ketiga kuliah, abahku ternyata pengen membelikanku hp yang lebih bagusan (setelah hpku yang biasa raib dibawa orang misterius/maling), dapatlah hp tipe berapa gt (tipe dibawahnya No**a 2230, tapi bukan itu). Tentulah, aku seneng bukan kepalang, hpnya bisa dimasukin musik, bisa motret, dan bisa ngenet pemirsa… Belakang setelah dapat 2 harian, saya baru nyadar kalau tuh hp ngedrop (maklum belinya second), meski harus sambil ngechas kalau makai ya hp itu bertahan sampai aku lulus kuliah, WOW banget, bahkan aku baru ganti tatkala aku mau kerja. Hp second berwarna ini juga mengajariku satu hal yaitu “mending membeli hp yang baru meski hitam putih, harga lebih murah, daripada beli second yang kualitasnya gak kita ketahui”.

Awal kerja aku dibelikan hp baru oleh Abah (abah yang terbaik dalam segala hal yang berhubungan dengan putra putrinya), saat itu aku pengen banget hp cina’an, ya merk yang terkenal kala itu (tahun 2011 awal) adalah C***s, keypadnya quarty, ada mp3 nya pula… Senengnya gak karuan wes… Tapi ternyata buat ngenet agak lambat tuh hp…

Saat itu saking pengennya bisa ngenet lewat hp, sampai kebawa-bawa mimpi tuh keinginan. Ya malam itu tiba-tiba mimpi punya hp bisa buat memotret dengan hasil lumayan bagus, bisa internetan kemana-mana, bisa banyak hal wes hpnya, canggih lah kata lainnya. Dan ketika bagun, ya kebiasaan kalau mimpinya mimpi bagus… Ealah cuma mimpi to ^^. Tapi, itu entahlah jadi semacam keinginan yang tersimpan dalam do’a.

Sampai menikah di tahun yang sama (2011) pun hp masih tetep yang dibelikan abah, merantaupun pakai hp itu, karena suami kerja dan aku di rumah, biar ada hiburan akhire suamiku mereparasi hp canggihnya, yang memang rusak dan gak semept direparasi karena sering error, suamiku sendiri dalam waktu cukup lama memakai hp seperti dalam gambar. Bahkan ketika tenar dan booming tuh smartphone “Blackberry” suamiku masih tetep setia dengan hp jadulnya, aku dengan hp quartyku yang dibelikan abah, kami berdua sesekali ngenet dengan hp Nokia canggih milik suamiku yang kadang error, dengan bergantian… Sampai kemudian hp Nokia suamiku rusak layarnya dan gak bisa dipakai, dan gak lama setelah itu suamiku punya bb untuk pertama kalinya.

Hp quartyku masuk hampir setahun tiba-tiba rusak (belum dapat setahun tepat padahal), gak ada suaranya jika dibuat telephone. Dan saat itu aku berada jauh dengan suami, suami di perantauan, aku pulang, karena pengen melahirkan anak pertama kami di rumah, jadi wes andalan kalau lagi kangen adalah hp, eh malah hp error. Setelah kelahiran putriku (setelah 2 bulanan) aku diberi hadiah oleh suamiku, suatu yang memang sangat aku pengeni yaitu smartphone Blackberry, ALHAMDULILLAH akhirnya bisa punya sendiri, milih merk itu karena biar bisa bbm an sama suami, itu alasan pertamanya. Seneng sekali tatkala punya bb ini, karena bb ini sudah mewakili hp impianku, malah spertinya ini memang hp impianku (hp dalam mimpiku, bisa memfoto, ngenet, emailan, dan masih banyak lagi). Seneng sekali wes punya bb ini.

Sekarang alat elektronik terutama hp seperti sedang berjalan cepat mengikuti waktu trendnya, bisa saja sekarang begitu canggih beberapa bulan ke depan sudah ketinggalan. Bbku ini pengen sekali kubuat sebagai pengingat bagaimana BB ini menjadi hp impianku, dan ketika harus pengen lebih haruslah tanyakan pada diri sendiri, “apa tidak berlebihan???” Karena BB ini saja adalah salah satu nikmat yang tak terduga untuk akhirnya bisa ada padaku. Terima kasih Ya Alloh… Jadikanlah hamba termasuk orang-orang yang bersyukur kepada-Mu, Ya Alloh…

Jadi, pengen nulis terjemahan QS. Ar Rohman ayat 13 “Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?”

Sumber Gambar dari sini.

Leave a Reply

